November 12, 2015

Swades, Bukan Film India Romantis Joget-Joget Muterin Pohon

Tanggal 9 November lalu, saya nggak sengaja nonton film India (iya nggak sengaja). Pemeran utamanya Shah Rukh Khan. Judul filmnya Swades. Sebagai penggemar Shah Rukh Khan dan hampir selalu menonton semua filmnya, film yang satu ini ternyata luput. Film yang dirilis tahun 2004 ini ternyata layak tonton banget. Tapi sebelumnya buang jauh-jauh pemikiran kamu yang menganggap film India cuma berisi tentang cinta-cintaan.

Source


October 28, 2015

5 Akun Instagram Follow-able Buat Kamu yang Berjiwa Seniman



Sekarang ini banyak banget bertebaran media sosial selain Facebook. Media-media sosial tersebut tentunya punya banyak fitur-fitur yang membuat media sosial tertentu jadi spesial. Contohnya kayak Twitter, di mana kamu bisa bercuap-cuap semaumu dengan menggunakan 140 karakter. Atau, media sosial favorit saya yang satu ini, Instagram. Yap, Instagram udah jadi favorit saya banget karena di Instagram saya bisa melihat banyak foto-foto bagus yang menginspirasi. Dan tentunya, saya juga bisa meng-upload hasil jepretan saya sendiri.

October 21, 2015

Quotes Bill Gates

Tiba-tiba muncul pertanyaan ini di kepala saya. Coba baca salah satu quotes dari Bill Gates di bawah ini. 

Source

September 21, 2015

[Resensi] Legend by Marie Lu

Setelah beberapa lama buku ini tak tersentuh dengan masih terbungkus rapi oleh plastik, akhirnya saya pun memutuskan untuk membacanya. Yep, another dystopia series. 

Well, kali ini saya akan membahas novel yang 75% saya habiskan hanya dalam waktu 1 hari saja. Ternyata ceritanya sangat seru dan yeah novel ini membawa saya kembali merasakan euforia saat membaca The Hunger Games, 4 tahun yang lalu.(Dimana perasaan itu nggak saya dapatkan saat membaca Divergent, The Maze Runner, dan The 5th Wave).

August 06, 2015

Butuh Souvenir Islami & Souvenir Pernikahan? Refiza Aja!

Halo semua, saya balik lagi. Kali ini saya mau cerita sesuatu nih. Buat kamu-kamu yang seumuran sama saya, terutama buat yang cewek-cewek nih, pasti deh pikirannya nggak jauh-jauh dari 'nikah', ya nggak? Iyain aja deh. Hehe. Kalo nggak percaya, sekarang coba deh inget-inget lagi kalo kamu lagi nongkrong sama temen-temenmu. Pasti nih, salah satu topik tentang jodoh atau nikah bakal terbahas. Hehe. Ya kan? Eh tapi nggak cuma cewek aja lho. Soalnya yang cowok juga nggak menutup kemungkinan pasti bahas masalah yang sama juga.

June 13, 2015

My First Harry Potter Fan Fiction !

Ngomongin soal Harry Potter memang nggak ada habisnya. Ada aja yang dibahas. Apalagi nih tahun depan bakal rilis film Fantastic Beast. Nginget-nginget Harry Potter, saya jadi keingetan kalo dulu banget pernah bikin yang namanya fan fiction. Kebetulan saat itu saya memang lagi doyan-doyannya baca baca fanfic Harry Potter. Karena itu nggak heran juga kalo tangan saya gatel buat ikutan bikin. Tapi saya belum berani buat post di fanfiction.net. Hehe. Sudah pernah sih posting di notes Facebook  (19 April 2011) dan blog saya yang lama (sudah saya hapus). Nah biar tetap abadi dan nggak hilang plus dibaca sama pembaca blog saya yang nyasar, berikut ini saya persembahkan fanfic Harry Potter pertama saya. Jeng...jeeeeng....

May 22, 2015

Anak-Anak Jadi Korban. Salah Sinetron, Stasiun TV, KPI atau Orang Tua?

Sumber

Bagaimana menurut kamu tentang berita di atas? Miris? Jelas. Yap hal itulah yang saya rasakan saat tahu ada berita semacam ini. Siswa SD meninggal karena dibunuh oleh temannya.

May 05, 2015

[Resensi] Bumi Manusia oleh Pramoedya Ananta Toer

Hallo!
Sudah sebulan lebih ya ternyata saya nggak nulis. Hehe. Soalnya saya lagi nggak tertarik nulis tentang apa-apa. Tapi kali ini saya mau cerita tentang satu novel karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Bumi Manusia. Novel ini baru saja selesai saya baca dan menjadi novel ke 14 yang saya baca di tahun ini.

March 31, 2015

Jalan-Jalan Tegang Ke Museum Santet dengan Aplikasi Wisata Lokal

Siapa sih yang nggak suka sama jalan-jalan? Pasti semuanya suka, termasuk saya. Ijin curcol aja nih. Biasanya permasalahan utama saya kalo pas pingin jalan-jalan itu, pertama di budget, dan kedua di waktu. Kalo tenaga sih siap sedia selalu. Hehe. Nah, buat kamu-kamu yang punya permasalahan seperti saya, bisa deh sekali-sekali cobain berwisata ke tempat yang dekat-dekat. Misalnya, tempat wisata yang ada di kota kamu. Hayo, sekarang coba deh ingat-ingat di kota kamu ada berapa wisata lokal, dan apakah kamu sudah mengunjunginya semua? Saya yakin pasti belum deh. Hehe. Soalnya saya juga gitu. Banyak banget lokasi wisata lokal Surabaya yang belum saya kunjungi. Sebagai orang kelahiran Surabaya dan hidup di Surabaya selama 21 tahun, saya merasa gagal. Hiks.

March 21, 2015

Watch Out Girls!!! Beauty Is Pain

Yak kembali lagi dengan saya di malam minggu sendu (sendiri-dulu) ini. Kali ini saya mau bahas sesuatu yang berkaitan dengan cewek, yaitu make-up. Akhir-akhir ini lagi hits semua cewek mengaplikasikan pensil alis pada alis mata dan juga gincu alias lipstik merah di bibir (ya nggak selalu merah sih, tapi biasanya merah berdarah gitu. Bagus deh jadinya. Hehe). Nggak dipungkiri, pengaplikasian pensil alis dan gincu ini bikin cewek-cewek secara mendadak berubah jadi power rangers bidadari-bidadari cantik yang turun dari kahyangan. Sudah sepatutnya semua cowok di bumi Indonesia ini berbangga dan bahagia karena sekarang di sekeliling mereka banyak cewek-cewek cantik, termasuk saya (ehem).

March 18, 2015

[Resensi] Amy & Roger's Epic Detour by Morgan Matson

Buku ke-6 yang sayang baca di 2015 Reading Challenge dari Goodreads berjudul Amy and Roger's Epic Detour. Buku ini memang sudah menjadi wishlist saya sejak lama. Dan alhamdulillahnya, saya nggak perlu buat beli buku ini lho. Saya minjem teman saya, Hesti. Hehehe.

March 16, 2015

8 buku = 165 ribu

Hallo hallo, mumpung, masih awal bulan nih, saya mau cerita kalo saya habis belanja buku. Hehe. Bukan sesuatu yang mengagetkan kalo saya beli buku, wong saya suka baca. Total buku yang baru saya beli adalah 8 buah. Banyak kan? Pasti tetap nggak kaget dan nggak heran. Sekali lagi wong saya suka baca. Hmm. Tapi kamu kaget nggak kalo saya bilang berapa harga yang harus saya bayar untuk 8 buah buku tersebut?

March 06, 2015

[Resensi] All the Single Ladies by Jane Costello

Entahlah kenapa saya lagi pingin banget buat review buku ketiga yang saya baca di tahun 2015 ini. Buku ini saya dapatkan di acara Surabaya Book Fair yang diselenggarakan di tahun 2014 kemarin. Meskipun pada awalnya saya nggak terlalu mengharapkan buku ini, tapi ternyata setelah saya baca sampai habis, hmm sepertinya melebihi ekspektasi saya.

March 02, 2015

My Ideal Japanese Winter Vacation

Jalan-jalan ke Jepang? Siapa yang nggak mau kalo tiba-tiba dapat tawaran buat jalan-jalan ke Jepang? Pasti mau banget lah. Apalagi kalo jalan-jalan ke Jepangnya gratis. Hehe.
Kenapa kok Jepang? Iya Jepang itu punya banyak banget pesona alam dan juga kultur yang masih terpelihara sampai sekarang. Apalagi nih pesona alamnya di musim dingin. Hmm, yang pasti kalo di musim dingin, saya bisa menikmati salju. Secara di Indonesia kan nggak ada salju, hiks.

Sekarang biarkan saya berandai-andai pergi jalan-jalan ke Jepang pada musim dingin ya. Hehe. Nah kalo saya beneran bisa jalan-jalan-jalan ke Jepang di musim dingin, saya ingin melakukan beberapa hal di sana yang jelas nggak bisa saya temukan kecuali di Jepang.

February 22, 2015

Pentingnya Self-Editing

Selamat Hari Minggu ! Semoga weekend-nya menyenangkan ya. Hehe. Mumpung lagi pingin nulis, kali ini saya mau berbagi curhat ilmu tentang self-editing. Jadi tulisan saya kali ini bakal bermanfaat banget buat kamu-kamu yang juga doyan nulis. Hehe.

February 08, 2015

If Only I Could Live Like Edward Cullen

I hope you guys have a blast Saturday night. I really mean it guys.
Yap, malem ini saya mau nulis sesuatu. Iseng aja mumpung ada ide yang udah dipending dari jaman baheula. Apalagi malem ini saya dapat banyak penolakan dan ajakan buat malam mingguan. Jadinya mamiri alias malam minggu sendiri. Hiks.
Di tulisan ini saya mau cerita dan berandai-andai kalo saya bisa hidup seperti Edward Cullen. Iya, jadi Edward bukan Bella. Soalnya Bella Swann nggak kayak Emma Watson sama Nadine Chandrawinata, yang keren, cantik, pinter, dan ah sudahlah saya iri sama mereka berdua. Oke lanjut,. Jadi kenapa Edward Cullen? Bukan karena dia vampire, tapi karena dia bisa hidup selamanya. Meskipun saya inget salah satu quote dari Edward yang bunyinya seperti ini :

January 31, 2015

[Resensi] The Geography of Bliss - Kisah Seorang Penggerutu yang Berkeliling Dunia Mencari Negara Paling Membahagiakan

Di tahun 2014 kemarin, saya berhasil menyelesaikan Reading Challenge 2014 dari Goodreads dengan berhasil membaca 16 buku dalam setahun. Sebenarnya sih saya hanya memasang target 10 buku saat itu, tapi alhamdulillah ternyata bisa sampai 16 buku. Nah di tahun 2015 ini, saya kembali mengikuti Reading Challenge yang diadakan oleh Goodreads. Kamu bisa melihatnya di widget yang saya pasang di blog saya. Untuk tahun ini, saya menargetkan 20 buku, berpatokan dari jumlah buku yang bisa saya baca di tahun lalu. 

Buku pertama yang berhasil saya selesaikan adalah buku berjudul Gone Girl. Buku ini adalah hadiah ulang tahun saya yang ke-21 dari sahabat-sahabat saya. Tahu banget kalo saya pingin banget baca buku itu. Gone Girl ini udah diadaptasi ke dalam sebuah film lho. Hehe.

Buku ke-2 yang saya selesaikan di Reading Challenge 2015 adalah buku berjudul The Geography of Bliss. Sebelumnya saya nggak tahu menahu tentang buku ini dan nggak masuk ke dalam wishlist saya. Tapi saat saya jalan-jalan ke TBMO, saya nggak sengaja menemukan buku ini di rak bagian travelling. Karena tertarik, akhirnya saya membelinya.

January 26, 2015

Liburan Super Singkat di Pulau Batam #4 - Restoran Rindu Alam & Nagoya Hill Mall

Yuk lanjut lagi cerita jalan-jalannya yaa.
Ini adalah part terakhir dari keseluruhan cerita jalan-jalan saya di Pulau Batam. 

Setelah setengah puas jalan-jalan di Kampung Vietnam, saya dan rombongan pun segera beranjak pergi meninggalkan area Kampung Vietnam dan Pulau Galang, kembali meluncur ke arah Jembatan Barelang. 

Setelah diskusi singkat, akhirnya saudara saya memutuskan untuk mengajak rombongan, makan di sebuah restoran yang terletak di Pulau Setokok. Sebelum menemukan letak rumah makan, saya dan rombongan sempat salah masuk ke dalam Kampung Setokok. Kampung ini lumayan padat dan terletak persis di tepi pantai. Bahkan nih ya setengah dari rumah-rumah di Kampung Setokok dibangun di atas air. Tapi sayang banget, keadaan kampungnya kumuh. Banyak sampah yang berceceran dan terkumpul nggak pada tempatnya. Air di bawah perumahan juga full dengan sampah. Sayang banget deh pokoknya. 
Setelah tanya sana-sini dengan penduduk kampung, akhirnya kami berhasil menemukan restorannya. Ternyata hanya berbeda satu gang dari Kampung Setokok. Hehe.

January 22, 2015

Liburan Super Singkat di Pulau Batam #3 - Pulau Galang

Halo, saya balik lagi. Maaf ya, jalan-jalan yang cuma sehari saya pecah jadi beberapa postingan. Habisnya banyak banget sih yang pingin saya ceritain. Hihi. Ya udah lanjut aja ya. Seperti yang udah saya ceritain di postingan sebelumnya kalo jalan-jalan saya nggak cuma sampai Jembatan Barelang aja, tapi berlanjut sampai ke Pulau Galang. Nah dari Jembatan Barelang ini, jarak yang harus ditempuh masih jauh banget loh. Masih harus melewati 5 jembatan lagi. Hmm kalau kamu bingung, mending saya jelaskan aja ya kenapa Jembatan Barelang ini punya banyak banget jembatan. Jadi seperti ini penjelasanya :

Jembatan I merupakan jembatan terbesar dan termegah yang bernama Jembatan Fisabilillah. Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton. Ini nih spot yang saya buat foto-foto di postingan sebelumnya.  
Jembatan II bernama jembatan Raja Ali Haji. Jembatan ini menghubungkan Pulau Tonton dengan Pulau Nipah.
Jembatan III bernama jembatan Nara Singa II, menghubungkan Pulau Nipah dengan Pulau Setokok.
Jembatan IV bernama jembatan Sultan Zainal Abidin, menghubungkan Pulau Setokok dengan Pulau Rempang.
Jembatan V bernama jembatan Raja Kecik, menghubungkan Pulau Rempang dengan Pulau Galang. 
Jembatan VI bernama jembatan Tuanku Tambusai, menghubungkan Pulau Galang dengan Pulau Galang Baru. 

Nah sekarang udah nggak bingung lagi kan? Yap memang jembatannya ada banyak gitu. Kemungkinan sih orang-orang pada nggak hafal sama nama masing-masing jembatan tapi lebih biasa menyebutnya dengan nama jembatan I, jembatan II dan seterusnya.

January 10, 2015

Liburan Super Singkat di Pulau Batam #2 - Jembatan Barelang

Melanjutkan cerita liburan singkat saya ke Pulau Batam yaaak. Di hari kedua, tepatnya hari Sabtu, 27 November 2014 saya pun pergi jalan-jalan. Saudara saya sengaja menyewa mobil untuk mengantar kami pergi jalan-jalan seharian. Iya seharian. Mau gimana lagi, kesempatan saya buat jalan-jalan cuma tersedia hari Sabtu aja. Sedih hiks. 

Banyak Money Changer

Oke lanjut. Jalan-jalan saya kali ini selain ditemani oleh keponakan dan 2 sepupu, juga ditemani 3 orang lainnya, yaitu suami dan 2 orang teman sepupu saya. Destinasi pertama yang saya dan rombongan kunjungi adalah Jembatan Barelang. Sebelum berangkat, kami menyempatkan buat pergi ke tempat money changer. Yap, ini nih yang unik dari Pulau Batam. Disini kamu bakalan menemukan banyak banget money changer. Money changer ini bisa kamu temukan di pusat pertokoan bahkan di mall. Gimana nggak banyak money changer, wong disini peredaran dollar Singapura bisa dibilang lumayan dominan. Bahkan nih ya, ada beberapa barang yang bisa kamu beli pakai dollar. Saya jadi khawatir kalo rupiah di Batam jadi nggak berarti. Hiks

Bukan Es Teh Manis

Sembari menunggu saudara saya menukarkan dollar Singapura menjadi rupiah, saya pun menghabiskan waktu dengan mengobrol. Dari obrolan itu saya jadi tahu beberapa hal unik yang ada di Batam. Salah satunya saya dapat dari cerita teman sepupu saya yang bernama Mas Ical. Mas Ical ini berasal dari Sulawesi dan belum genap sebulan ada di Batam. Ia menceritakan salah satu pengalamannya saat makan di warung. Saat itu ia memesan es teh. Secara default nih ya, kalo kita memesan es teh pasti kan es teh manis, ya nggak? Nah Mas Ical ini dengan santainya menyebutkan kalo ia memesan es teh. Saat es teh datang dan ia mencicipinya, ternyata rasa tehnya hambar, alias nggak ada gulanya. Ia pun bertanya pada si penjual kenapa es tehnya nggak manis, dan si penjual dengan santainya bilang kalo Mas Ical kan pesannya es teh aja, jadi ya nggak pakai gula. Kalau mau es teh pakai gula, di Batam bukan es teh manis nyebutnya, tapi Teh Obeng. Jadi kalo kamu pergi ke Batam dan pingin minum es teh manis, bilangnya pesan Teh Obeng yaa. Hihi. 

January 05, 2015

Liburan Super Singkat di Pulau Batam #1

Kali ini saya ingin bercerita tentang liburan saya seminggu yang lalu. Tepatnya saat long weekend Hari Natal di tahun lalu. Hehe. Yap, long weekend tanggal 26-28 Desember saya gunakan untuk berlibur ke Pulau Batam. Iya yang dekat Singapura itu. Kenapa saya memilih Pulau Batam? Ada apa aja di Batam? Ya udah yuk sini saya ceitain.



Kenapa berlibur ke Pulau Batam?
Soalnya saya nggak punya pilihan lain. Lhawong saya dapat rejekinya pergi ke Pulau Batam. Jadi kebetulan saya dapat amanah buat menemani anak sepupu saya, yang bisa saya sebut sebagai keponakan buat pergi ke Pulau Batam untuk menemui ibunya yang nggak lain adalah sepupu saya. 

Liburan yang teramat sangat singkat dengan destinasi yang lumayan bisa dikatakan jauh dari Surabaya. Saya berangkat pada tanggal 26 Desember 2014 dengan naik GIA. Alhamdulillah pengalaman pertama saya naik pesawat menaiki maskapai penerbangan paling bagus di Indonesia. Hihi. Pesawat boarding tepat pada jam 10.40 WIB. Nggak butuh waktu lama, 2 jam kemudian saya udah bisa lihat penampakan alam Kepulauan Riau dari atas pesawat dan segera mendarat di Bandara Udara Hang Nadim, Pulau Batam. Disana saya dan keponakan udah dijemput dan siap pulang ke rumah sepupu saya.