March 02, 2015

My Ideal Japanese Winter Vacation

Jalan-jalan ke Jepang? Siapa yang nggak mau kalo tiba-tiba dapat tawaran buat jalan-jalan ke Jepang? Pasti mau banget lah. Apalagi kalo jalan-jalan ke Jepangnya gratis. Hehe.
Kenapa kok Jepang? Iya Jepang itu punya banyak banget pesona alam dan juga kultur yang masih terpelihara sampai sekarang. Apalagi nih pesona alamnya di musim dingin. Hmm, yang pasti kalo di musim dingin, saya bisa menikmati salju. Secara di Indonesia kan nggak ada salju, hiks.

Sekarang biarkan saya berandai-andai pergi jalan-jalan ke Jepang pada musim dingin ya. Hehe. Nah kalo saya beneran bisa jalan-jalan-jalan ke Jepang di musim dingin, saya ingin melakukan beberapa hal di sana yang jelas nggak bisa saya temukan kecuali di Jepang.

Makan Oden & Ramen


Sumber

Yap, nggak bisa dipungkiri kalo makanan adalah salah satu hal yang wajib dicoba kalo pergi ke tempat baru. Apalagi ini di Jepang. Masakan Jepang sudah banyak sih yang bisa kita cicipi di restoran-restoran Indonesia, Tapi rasanya bakal beda banget kalo kita makan dari tempat asalnya. Nah karena makan sushi sudah sangat mainstream, kali ini saya penasaran ingin mencoba sebuah makanan yang bernama Oden. Katanya nih, musim dingin di Jepang itu pas banget kalo makan Oden lho. Masakan Oden di Jepang cuma ada saat musim dingin tiba lho. Oden adalah sejenis sup yang biasanya berisi bakso ikan, telur rebus, daikon atau lobak dan konnyaku. Biasanya oden ini dimasak dalam mangkuk besar yang diletakkan di tengah meja dan dimakan bareng-bareng. Perpaduan yang pas antara suhu udara yang dingin dan kuah oden yang panas. Ciamik deh.


Sumber

Selain makan Oden yang cuma ada di musim dingin, yang selalu bikin saya penasaran adalah Ramen. Yap, sebagai pecinta mie, rasanya kurang lengkap kalo saya belum mencicipi Ramen. Apalagi Ramen yang asli dari Jepang. Saya suka ngiler lihat anime Naruto yang lagi makan Ramen. Terlihat sangat hautjek.

Mengunjungi Festival Salju Sapporo dan Otaru Snow Light Path Festival


Sumber

Selain makan ramen, saya juga ingin menghadiri salah satu festival unik yang hanya ada di musim dingin di Jepang, yaitu Festival Salju Sapporo. Festival ini biasanya diselenggarakan selama seminggu di minggu pertama Februari. Di festival ini nantinya saya bisa melihat berbagai macam patung-patung raksasa yang terbuat dari salju. Wih pasti keren banget dan benar-benar nggak boleh buat dilewatkan. Tuh kayak di foto tuh, saljunya dibentuk jadi rilakkuma. Duh cubanget deh. Gemes :3 Pokoknya kalo kesini nggak boleh lupa bawa kamera buat foto-foto :D

Sumber

Ada lagi nih festival di musim dingin di Jepang yang nggak kalah seru sama Festival Salju Sapporo, yaitu Otaru Snow Light Path Festival. Jadi festival ini selalu diselenggarakan bersamaan dengan Festival Salju Sapporo dan sama-sama ada di kota Hokkaido. Pas banget kan? Hehe. Yang bikin menarik dari festival ini adalah karena seluruh kota akan didekorasi dengan lampu-lampu, dan dihiasi dengan patung-patung salju mini. Terus katanya nih suasana di festival ini bakalan romantis. Hmm, pas banget deh kalo jalan-jalannya bareng sama doi :3. Asik.

Festival Otaru Snow Light Path ini diselenggarakan di 2 area lho. Kedua area tersebut bisa dicapai lebih kurang 15 menit dari stasiun kereta terdekat, jadi saya nggak akan kesulitan buat mendatangi festival ini. Dari Sapporo, saya bisa menaiki fasilitas Sapporo-Otaru Welcome Pass yang memang dikhususkan buat turis asing. 

Menikmati kehangatan Onsen 


Sumber
Hal unik lain yang bisa dilakukan saat musim dingin di Jepang adalah menikmati kehangatan Onsen. Yap Onsen adalah tempat berendam air panas. Yap di udara yang dingin saat musim dingin, ternyata saya bisa berendam air panas. Nah Onsen di Jepang ini banyak banget lho. Tapi saya ingin merasakan sensasi berendam di Jigokudani Monkey Park. Jigokudani Monkey Park ini adalah sebuah onsen dimana saya bisa berendam bersama dengan monyet-monyet gunung yang hidup liar. Hmm, pasti deg-degan banget rasanya. Hihi

Menginap di Ryokan


Sumber

Nah, untuk tempat peristirahatan, saya bakal memilih Ryokan nih. Ryokan adalah penginapan yang memiliki fasilitas dan bagunan berarsitektur Jepang. Mumpung lagi ada di Jepang kan? Hehe. Di Ryokan ini saya bakal mendapat tempat penginapan dengan sensasi Jepang dengan merasakan lantai tatami, memakai yukata saat tidur dan yang pasti bisa pakai geta, alas kaki tradisional Jepang. Hihi.

Mengunjungi Taman Kenroku-en


Sumber

Katanya nih, taman ini adalah salah satu taman terindah yang ada di Jepang. Taman ini terletak di Kanazawa, Ishikawa, Jepang. Taman ini terbuka sepanjang tahun lho. Dan katanya nih, pada hari-hari tertentu di setiap musim, taman ini akan menampilkan keindahannya bersama dengan lampu dan lentera. Nah, di musim dingin, taman Kenroku-en ini juga masih tetap indah lho, dengan daun-daun dari pepohonan di taman yang berubah menjadi putih karena salju. Untuk menuju ke taman ini saya bisa menaiki kereta Shinkansen dan memakan waktu sekitar 4 jam.

Main ski di Gala Yuzawa


Sumber

Memang sih saya belum pernah menicipi yang namanya main ski. Tapi lagi-lagi mumpung lagi di Jepang, kenapa saya nggak mencoba aja yang namanya ski. Nah untuk main ski, saya bisa mengunjungi snowy resort yang bernama Gala Yuzawa. Selain bisa main ski, disini saya juga bisa mencoba snowboard. Lagi-lagi saya juga nggak pernah main snowboard :D Tapi hal itu nggak jadi masalah kok. Di Gala Yuzawa, kita bisa menyewa seorang instruktur buat mengajari kita main ski atau snowboard. Jadi pulang-pulang dari Jepang, keahlian kita nambah satu lagi deh. Hehe. 

Gala Yuzawa ini terletak 200km di sebelah utara Tokyo. Kalo langsung cus dari bandara Narita, bisa naik yang namanya Narita Express dan menuju ke stasiun Tokyo. Dengan Tokyo Rail Days, saya sudah nggak perlu transfer ke kereta lain lho. Dengan naik kereta api super cepat, Shinkansen, saya sudah bisa sampai ke Gala Yuzawa dalam waktu 77 menit. Padahal jaraknya jauh banget lho. 

Untuk informasi lebih lanjut : JR East (Tokyo Rail Days) Official Website
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gala Yuzawa


Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai "snowy wonderland" ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi :





-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Tulisan ini dibuat untuk berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [6]

2 comments: