October 21, 2015

Quotes Bill Gates

Tiba-tiba muncul pertanyaan ini di kepala saya. Coba baca salah satu quotes dari Bill Gates di bawah ini. 

Source


Yap, semua orang pasti akan setuju dengan kata-kata Bill Gates tersebut. Tapi hari ini saya punya sebuah pertanyaan. Mengingat keadaan negara Indonesia yang masih dipenuhi oleh masyarakat menengah ke bawah dan kurang mampu. Belum lagi banyak berita yang bertebaran yang mengatakan bahwa ini semua adalah sebab dari sistem ekonomi kapitalis yang negara ini gunakan. Dan sistem tersebut mengakibatkan banyaknya jumlah orang-orang miskin. 

Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar.[1][2] Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. - Source: Wikipedia 

Kalo dari penjelasan Wikipedia tersebut, bisa diartikan kalo sistem ekonomi kapitalis ini memang dikuasai oleh pihak swasta. Kalo pihak tersebut, tertib, bijaksana dan nggak hanya ingin meraup keuntungan semata sih fine-fine aja kali yaa. Tapi celakanya hal tersebut sepertinya jarang ditemui. Kebanyakan sih malah menghalalkan segala cara buat dapat keuntungan sebesar-besarnya. Contohnya bisa dilihat dong dari tragedi asap yang melanda beberapa provinsi di Indonesia. Hal tersbut terjadi karena pelaku yang maunya modal dikit tapi dapet untung banyak tanpa memikirkan akibatnya terhadap orang lain. Hmm ngeselin kan? Banget!

Nah, setelah pembahasan sok-sok an saya tentang ekonomi kapitalis (maklum, saya nggak tau apa-apa tentang masalah ekonomi ._.), saya berpendapat (dari hasil baca-baca pendapat orang juga sih, hehe) kalo sistem ekonomi kapitalis ini banyak merugikan masyarakat. Akhirnya masyarakat jadi susah, miskin dan hidup kekurangan. 

Lalu, pertanyaannya adalah, apa iya quotes dari Bill Gates itu masih berlaku lagi kalo keadaannya kayak begini? Bukan bermaksud menyalahkan keadaan juga sih. Toh juga masih banyak kok yang mampu sukses meskipun dalam sistem ekonomi kapitalis kayak begini. Tapi tapi tapi, entahlah saya kok tiba-tiba tadi punya pertanyaan kayak begini di kepala saya ya? 

Tapi, bisa aja kan yang usahanya udah maksimal buat memperbaiki keadaan ekonominya, jadi harus lebih susah karena keadaan ini. Ya kan ya kaaaan? ._. Hmm.

(tulisan ini saya buat atas pendapat pribadi dan nggak terlalu paham sama masalah ekonomi. jadi kalo ngawur, tolong dibenarkan)


No comments:

Post a Comment