August 23, 2014

Goodreads #ChallengeDay9

Hallo, mohon maaf sekali lagi saya bolos lagi di hari ke 8 :| karena memang ada sesuatu yang harus saya lakukan dan saya tidak membawa laptop. Hiks.

Postingan kali ini akan sangat bermanfaat bagi seorang bookworm. Sekarang ini masyarakat udah nggak asing lagi sama yang namanya jejaring sosial. Masing-masing jejaring sosial memiliki spesifikasi, kelebihan, kekurangan, target audience dan tujuan penggunaannya masing-masing. Bisa dicontohkan seperti Twitter yang fitur utamanya adalah pengguna hanya bisa melakukan tweet, Instagram yang penggunanya hanya bisa melakukan upload foto dan Path yang jumlah teman yang dapat kita tambahkan sangat terbatas sehingga kita akan menyeleksi orang-orang yang benar-benar dekat dengan kita untuk ditambahkan menjadi teman. Nah seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa postingan ini akan bermanfaat bagi bookworm, jadi ada juga loh jejaring sosial yang diperuntukkan untuk orang-orang yang hobi membaca. Jejaring sosial itu bernama Goodreads. Bagi yang suka baca saya yakin udah nggak asing. Tapi kalau ada yang belum tahu, boleh deh coba join ke goodreads :)

Di goodreads, kita akan menemukan orang-orang yang hobinya sama, yaitu membaca. Goodreads memudahkan kita untuk mencari referensi-referensi buku-buku bagus karena kita akan terbantu dengan review pengguna goodreads yang lain di masing-masing buku. Selain itu, kita juga bisa menambahkan review dan rating pada buku yang telah kita baca. Fitur lainnya yang sangat saya sukai yaitu fitur shelves. Terdapat 3 shelves yang ada di goodreads, yaitu to-read-shelves, currently-reading-shelves dan read-shelves. Fitur to-read-shelves bisa dikatakan semacam wishlist untuk mencatat buku-buku apa yang ingin kita baca. 

Review saya di buku Allegiant
Tidak melupakan konsep utama dari jejaring sosial, goodreads juga dilengkapi dengan fitur add friend sehingga kita dapat berteman dengan bookworms yang lainnya dan bertukar pendapat mengenai buku yang menarik. Kita juga dapat merekomendasikan sebuah buku kepada teman yang lain loh :) Keren kan?
Bagi yang suka blogging, bisa deh menambahkan widget goodreads di blognya seperti punya saya. Intinya, dengan goodreads pengetahuan kita mengenai buku-buku menarik akan selalu update. Tenang aja, kita nggak akan kecanduan menggunakan jejaring sosial ini karena kita harus tetap membaca untuk dapat beraktivitas di goodreads. Untuk dapat memberi review dan rating, kita harus baca, untuk dapat diskusi kita juga harus baca, untuk dapat memberi rekomendasi juga harus baca. Bahkan untuk dapat mengikuti Quiz yang ada di goodreads juga tetep harus baca.
Selain tersedia dalam versi website, juga tersedia dalam versi aplikasi. 

Nah sekarang udah tahu kan manfaat goodreads? Ini bukan promosi goodreads kok, saya cuman mau berbagi fasilitas yang mudah didapatkan untuk mendukung hobi membaca :)
Oh ya, kalau udah join goodreads, add saya yaa :P

No comments:

Post a Comment