Usaha Dapet Uang ala Mahasiswa

by - May 11, 2013

Uang. Siapa yang nggak pernah butuh uang? Semua orang dari segala umur pasti butuh uang. Dari yang baru lahir (ngelahirin di bidan butuh uang) sampe yang udah meninggal (biaya pemakaman dll) juga butuh uang. Bagaimanapun kondisinya, uang tetap dibutuhin. Kecuali kalo pengennya amal pake tenaga ya nggak pake uang. Hehehe
Disini saya fokus mau ngebahas beberapa usaha mahasiswa buat dapet uang. Sudah nggak asing lah yaa mahasiswa butuh uang. Motif mereka butuh uang juga banyak banget loh.
Dari yang memang butuh banget karena nggak mampu buat bayar uang kuliah, iseng aja pengen ngumpulin uang buat bekal esok hari (eaaa), atau buat beli barang yang dipengenin. Contoh: sepatu baru, tas baru, jam tangan baru dan lain lain.

Dari sekian banyak motif yang sudah saya sebutkan, ada berbagai usaha yang mahasiswa lakukan demi mendapat uang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Beberapa usaha mereka yang saya temui di lingkungan kampus saya sendiri antara lain:
Yang pertama, adalah dengan mencari beasiswa. Beasiswa yang berasal dari negara seperti bidik misi dan beasiswa yang berasal dari swasta. Kehadiran beasiswa sendiri memang sangat dinanti-nanti oleh para mahasiswa. Beasiswa ini bisa digunakan bagi mahasiswa untuk membayar uang kuliah mereka, atau bahkan untuk memenuhi keinginan mereka. 
Kedua, cara mahasiswa untuk mencari uang adalah dengan melakukan bisnis :D . Banyak banget bisnis yang dilakukan oleh teman-teman saya untuk mencari uang tambahan, atau bahkan untuk membayar uang kuliah. Dengan cara menjual diri (jasa maksudnya :p ), atau berjualan produk tertentu. Berjualan jasa sendiri bisa dilakukan oleh mahasiswa yang memang mempunyai skill-skill tertentu dan dapat menjual skill nya tersebut. Sebagai contoh, salah satu teman saya jago membuat desain web. Maka dia menjadi desainer web. Ada juga yang jago fotografi dan sinematografi. Dia menjadi fotografer freelance.
Untuk yang menjual produk, biasanya cara paling mudah adalah dengan berbisnis online. Tidak mengambil jam kuliah dan bisa dilakukan dengan santai.
Ketiga, dengan bekerja part-time. Dari mulai jadi guru les privat, di perusahaan tertentu atau bekerja di cafe sepulang kuliah. 

Nah, demikian cuap-cuap saya mengenai usaha-usaha mahasiswa buat dapet uang. Usaha-usaha tersebut saya dapatkan dari apa yang terjadi di lingkungan saya sendiri. 

You May Also Like

0 komentar