Share? How 'bout write a review?

by - May 06, 2014

Hobi saya membaca. Suka juga sama yang namanya nonton film. Sering sekali, saya ingin membagikan apa yang saya baca dan tonton kepada semua orang. Nggak jarang juga biasanya dengan cara update status di facebook dan memberi sedikit pendapat saya mengenai film yang telah saya tonton dan buku yang selesai saya baca. Tapi untuk buku, saya lebih suka updatenya lewat goodreads :) Situs yang memang diperuntukkan buat bookworm yang tersebar di jagad raya. 
Tetapi, update status menurut saya merupakan cara yang kurang efektif. Bagi siapa saja yang membaca status saya pasti tidak akan terlalu tertarik karena hanya membaca satu-dua kalimat pendapat saya mengenai film ataupun buku tersebut. Saya pikir lebih baik jika saya bisa membuat resensi buku ataupun film tersebut di blog. Sekarang yang menjadi masalah saya adalah, saya masih kesulitan untuk membuat sebuah resensi. 

Saya sempat mencari tips-tips untuk membuat sebuah resensi. Dan memang, membuat sebuah resensi dari buku ataupun film cukup sulit. Kita dituntut untuk memahami cerita dalam buku maupun film tersebut. Mengutarakan pendapat kita baik berupa kritikan ataupun pujian, tetapi tetap dituntut untuk objektif terhadap penilaian. Dari informasi yang saya dapat, sebagai penulis resensi film, sangat disarankan untuk melihat film lebih dari satu kali. Dan untuk resensi buku, saat membaca bisa menandai bagian-bagian yang menarik ataupun yang kurang menarik. 

Saya masih mencoba belajar untuk membuat sebuah resensi. Semoga saja resensi pertama saya bisa segera saya posting disini :D 

You May Also Like

0 komentar