Tips Jalan-Jalan ke Singapura Untuk Pemula

by - February 04, 2019

Former Hill Street Police Station
Sepertinya udah kadaluarsa banget ya karena jalan-jalannya udah dari bulan Oktober 2018 lalu. Hehe. Tapi, keinginan saya buat share tips jalan-jalan ke Singapura ini belum padam-padam amat. Hehe.
Nah, setelah kemarin saya udah kasih tahu itinerary jalan jalan ke Singapura 4 Hari 3 Malam, kali ini saya mau share ke kamu, tips jalan-jalan ke Singapura buat pemula as an Indonesian people. Menurut saya, tips ini penting banget demi kelancaran dan kenyamanan saat jalan-jalan dan nggak kaget-kaget amat saat udah sampai di sana. Well, yuk langsung aja saya kasih tahu tips-nya..


Pelajari Peta Singapura

Menurut saya ini penting. Buka peta Singapura, dan cari di dalam peta tempat-tempat mana aja yang nantinya bakal kamu kunjungi. Toh, negara Singapura nggak yang luas-luas amat, jadi buat memahami dimana letak Bandara Changi, Orchard Road dan Vivo Mall pasti ga bakalan susah. Nggak perlu paham yang detil-detil amat kok, yang penting kamu tahu letak lokasinya di barat, utara, timur atau selatan. Terus, kamu juga jadi bisa mengefektifkan waktu karena bisa tahu tempat mana aja yang lokasinya berdekatan. Kenali juga nama-nama daerah atau tempat yang pengen kamu kunjungi. Karena berdasarkan pengalaman saya, karena salah nulis nama lokasi (mirip-mirip sih), malah jadi nyasar dong. Buang-buang waktu banget. Hehe...

Pelajari Peta MRT Singapura

 

Rute MRT Singapura

Kalau ini paling penting. Apalagi kalau kamu nggak punya koneksi internet saat di jalanan. Peta MRT ini pasti ada kok di tiap stasiun MRT. Nah, kalau kamu udah pinter cara baca petanya, dijamin nggak akan ada drama nyasar. Tapi, kalau kamu emang males banget dan selalu punya koneksi internet, yah tinggal manfaatin aja kecanggihan Google Maps. Nanti kamu bakal dipandu sama Google Maps, harus naik Jalur MRT warna apa, berhenti di stasiun mana dan kapan harus ganti kereta. 

Bawa makanan ringan dari Indonesia ((Tips ini hanya berlaku buat SobatMisqueen))

Buat kamu yang punya budget pas-pasan, tips yang satu ini wajib kamu jalankan. Beli aja Pop Mie, roti atau mungkin mie instan (kalau tempat nginepnya mendukung kegiatan masak-memasak) buat bekal selama jalan-jalan ke Singapura. Makanan ini bermanfaat banget buat sarapan atau kalau kamu laper malem-malem. Pengalaman saya yang nggak bawa makanan ringan dari Indonesia, nyesel banget. Pop Mie di Indonesia harganya berkisar 3500-6000 rupiah. Beli di Singapura,  1,2 SGD doong :') . Nyesek sih. Untung Pop Mie-nya enak. Hehe. Eh btw, kalo ada yang mau ke Singapura, saya nitip beliin Pop Mie dong. Pliiiis :(

Bawa botol kosong kemanapun kamu pergi

Di Singapura, kamu nggak usah repot-repot buat beli air minum kemasan. Tinggal bawa botol kosong kemanapun kamu pergi. Soalnya di Singapura tersebar beberapa spot untuk isi air minum gratis langsung dari kran. Tenang aja, air-nya aman diminum kok. Hehe. 
Tapi saran dari saya, sebelum ngisi penuh, baiknya kamu incip dulu airnya. Soalnya pengalaman saat saya isi air di Sentosa Island, rasa airnya nggak enak banget :( . Rasa tanah gitu deh. Huhu. Karena nggak doyan, akhirnya airnya saya buang, dan berakhir tetap beli air minum kemasan. Padahal saat saya coba di Bandara Changi, airnya enak-enak aja. 

Fyi, harga air minum kemasan di Singapura itu mahalnya bukan main. Rata-rata harganya 1-2 SGD satu botol 600 ml. Bahkan nih ya, harga termahal yang pernah saya dapat untuk sebotol 600 ml adalah 2,8 SGD atau sekitar 29 ribu rupiah. Gilaaa kaan!! Kenapa saya tetep beli? Karena saya udah capek pake banget dan udah mager buat cari tempat isi air gratisan. Hehe. 

Trus gimana nih yang susah nemu tempat isi air gratisan? Kalo emang nyari isi air gratisannya agak susah dan udah haus banget, ya mau nggak mau emang harus beli air minum kemasan. Taaapiii, tips-nya adalah, jangan beli di Sevel atau di minimarket. Biar dapet harga murah (at least reasonable for me) kamu harus membelinya di hypermart alias supermarket yang gede-gede macam Giant atau Carefour kalo di sini. Biasanya harga 1,5 liter malah nggak sampai 1 SGD dan bahkan 3 botol 600 ml bisa kamu dapetin dengan harga 1-2 SGD aja. 

Former Hill Street Police Station

Pakai alas kaki yang nyaman

Pasti udah tahu dong ya kenapa kamu harus banget pake alas kaki yang nyaman? Yep, soalnya kamu bakal banyak jalan kaki. Kecuali kamu emang punya budget lebih-lebih buat selalu order GrabCar. Hehehe. 

Bawa obat-obatan pribadi (Koyo is a must)

Sebenernya saya udah nyangka kalau jalan-jalan ke Singapura, kaki bakal capek. Tapi ternyata lebih parah dari dugaan saya. Sampai mau tidur aja nggak enak karena kaki udah cenut-cenut rasanya. Untung saya bawa koyo. Jadi tiap malem pas tidur, pasti saya pake koyo. 2 koyo sekaligus di masing-masing kaki saya :') Alhamdulillah besokannya kaki masih bersahabat sampai liburan saya selesai. Hehe. 

Satu lagi, buat yang cewek-cewek, siapkan kebutuhan pribadi yang komplit yaa. Fyi, harga popok cewek di Singapura +-5 SGD isi 7 doaaang. Tekor dong dompet hamba :')

Bawa koper/tas lebih kalau niat beli oleh-oleh

Kalau kamu ada rencana buat beli banyak oleh-oleh, ada baiknya kalau kamu  membawa tas/koper tambahan.Pengalaman saya yang kemarin ga siap apa-apa, akhirnya beli koper lagi. Iya beli koper gaes. Hwkwk. Bukan koper yang mahal gitu kok. Koper yang saya beli harganya cuma 15 SGD. Iya sekitar 150 ribu rupiah. Belinya dimana? Di One Dollar Store Shopping Singapura yang ada di Bugis Street. Sebenernya toko ini adalah toko yang menjual berbagai macam coklat, biskuit dan jajanan manis lainnya dengan harga yang sangat murah. Rata-rata harganya 1 SGD aja. Cuma entah kenapa ada koper nangkring di depan toko dan dijual dengan harga murah sesuai besar kopernya. Nah, karena yang dibeli banyak, apalagi saya habis belanja Irvins Salted Egg, maka daripada nenteng banyak kantong plastik, diputuskanlah buat beli koper yan murah meriah itu. Hehe...

Gimana? Udah kebayang harus gimana jalan-jalanmu ke Singapura nanti?
Kalau ada pertanyaan seputar jalan-jalan ke Singapura, silakan tanya lewat komen di bawah yaa. Terima kasih sudah membaca.. :)


You May Also Like

2 komentar

  1. Kak kalau kita mau beli coklat yang banyak gitu kena bea cukai ga sih soalnya bakal di bagi bagi bukan di jual gitu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak, kalau untuk dibawa sebagai oleh-oleh tentu ga apa apa ya. pengalaman saya membawa oleh oleh makanan 1 koper ga ada masalah. dan lagi, harga coklat di sana memang murah-murah sekali kok

      Delete