[Resensi] If I Stay - Jika Aku Tetap Tinggal

by - August 02, 2014

Sebelumnya saya ucapkan  Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H. Mohon maaf lahir dan batin. Bahagia bisa merasakan lebaran di tahun ini setelah perjuangan menuju wisuda ITS 110. Alhamdulillah saya ucapkan karena Tugas Akhir saya akhirnya selesai :). Sekarang hanya perlu menyelesaikan beberapa keperluan dan persyaratan untuk melenggang menuju wisuda. 

Liburan yang diberikan oleh kampus memang tidak banyak, tapi saya sukses memanfaatkan waktu saya untuk menghabiskan 3 buku sekaligus. Tidak ini bukan maraton baca buku atau sejenisnya, tapi saya merasa saya berhak mendapatkan waktu saya untuk membaca buku setelah sekian lama ngempet supaya enggak mengganggu kegiatan mengerjakan Tugas Akhir. Berikut ini salah satu buku yang saya sempatkan baca:




Judul Buku : If I Stay - Jika Aku Tetap Tinggal
Penulis : Gayle Forman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 200

Awal mula saya tahu tentang buku ini dari Youtube. Ya, buku ini diadaptasi dalam bentuk film yang akan dirilis pada bulan Agustus ini. Setelah melihat trailer film, saya menjadi penasaran, walaupun sedikit banyak, trailer film sudah membongkar jalan ceritanya. Buku ini bercerita tentang seorang cewek bernama Mia yang sangat mencintai musik dan memilih alat musik cello sebagai jiwanya. Mia juga memiliki pacar bernama Adam. Sama seperti Mia, Adam juga mencintai musik walaupun memilih genre yang jauh berbeda dengan Mia. Mia memiliki hidup yang cukup bahagia, hingga suatu hari ia dan keluarganya mengalami kecelakaan. Mom, Dad dan Teddy adiknya pergi meninggalkannya sendirian. Di saat itulah dia ragu apakah dia harus tetap berjuang hidup atau menyerah dengan keadaan. Tetapi Adam memohon padanya untuk tetap tinggal, dan pilihan tetap berada di tangan Mia. Hingga akhirnya surat dari Juilliard datang kepada Mia.

Penulis menggunakan sudut pandang Mia, sebagai pelaku utama. Buku ini memiliki alur maju-mundur. Di sela-sela kejadian yang sedang dialami karakter, penulis akan mengajak pembaca flashback untuk mengetahui apa saja kejadian yang telah dialami oleh karakter sehingga pembaca lebih dapat memahami respon yang diberikan karakter terhadap kejadian yang dialaminya. Secara keseluruhan saat membaca buku ini, saya sudah tahu kemana jalan ceritanya dari trailer film. Tetapi tetap saja, tebakan-tebakan saya beberapa masih meleset. Ending yang diberikan oleh si penulis, Gayle Forman cukup dapat ditebak walaupun terdapat detil cerita yang mendukung ending cerita yang cukup mengejutkan. Overall, novel ini cukup bagus bagi pencinta cerita drama atau roman. Terdapat banyak nama dan jenis musik seperti judul lagu atau judul suatu grup musik. Entahlah saya tidak tahu apakah judul musik dan nama grup musik itu benar-benar ada atau hanya karangan penulisnya :p (saya kurang paham. hehe). Buku ini menurut saya kategori buku ringan, karena saya hanya membutuhkan 1 hari untuk menyelesaikannya.

“Sometimes you make choices in life and sometimes choices make you.” 
- Gayle Forman, If I Stay

Setelah membaca buku ini, saya jadi penasaran bagaimana sang sutradara menuangkan buku ini dalam bentuk film. Mengingat flashback yang sangat banyak. Buku ini memiliki lanjutan yang berjudul 'Where She Went-Ketika Dia Pergi'. Dan saya tidak tahu apakah buku ke-2 akan difilmkan juga.

You May Also Like

0 komentar